Wednesday, October 18, 2006

Lebaran 23 atau 24 ?


Ada kemungkinan lebaran tahun ini ada 2 kali yaitu tanggal 23 dan 24 oktober, sebagian masyarakat pasti dibuat bingung dengan adanya lebaran kembar tahun ini, kenapa demikian?... ceritanya begini... menurut perhitungan hisab, pada tanggal 22 oktober wujudul hilal (bertanda bulan baru muncul) sebagian besar wilyah indonesia telah nampak, itu berarti bahwa besoknya tanggal 23 oktober telah masuk bulan baru atau 1 syawal 1247 H yang berarti hari itu lebaran, namun menurut metode rukyat, bahwa pada tanggal 22 oktober posisi hilal walaupun sudah diatas ufuk tapi belum mencapai 2 derajat, itu berarti ramadhan digenapkan 30 sehingga jatuhnya 1 syawal nanti pada tangga 24 oktober.
Nah .... jadi bagaimanami..?
Sebenarnya tergantung dari keyakinanta, cuman saya mau yakinkan bahwa pada tanggal 22 bulan baru telah wujud disebagian besar wilayah indonesia, walaupun itu masih di bawah 1 derajat, coba amati kutipan ini
Pilihan ini meningatkan kita pada pendapat Allahuyarkham Drs H Abdulrahim, seorang ahli Falaq yang disegani di negeri ini. Ia memilih untuk menarik daerah yang belum masuk ke daerah yang sudah masuk dengan mengibaratkan Indonesia ini sebuah kapal besar. Sebuah kapal jika ujungnya sudah sampai tujuan, maka ujung yang lain sudah diikutkan sampai tujuan dan bukan sebaliknya. Demikian pula ketika ada sebuah lomba atau balapan, apakah itu lomba lari, balapan mobil, balapan motor atau pacuan kuda, maka ketika bagian terdepan sudah masuk finish maka bagian belakang sudah ikut masuk finish pula tidak menunggu seluruh bagian melewati garis finish semuanya.(sumber:suaramuhammadiyah)
Nah bagaiman di Makassar, pada tanggal 22 oktober posisi bulan sudah berada diatas ufuk (Makassar (0ยบ 24' 40") nah itu berarti bulan baru sudah muncul dan keesokan harinya sudah masuk 1 syawal 1427. H, ok cikali... skali lagi jangki bingung, tanyakan pada keyakinanta dan nuranita yang paling dalam.
klik jugaki' : antara, suaramuhammadiyah

No comments: